Sunday, March 12

Hal yang Perlu di Perhatikan Sebelum Membeli Ponsel Baru

Ommega Media - Hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli ponsel baru, ponsel adalah sebuah teknologi yang sangat membantu dan memudahkan kita  dalam melakukan kegiatan sehari-hari, untuk komunikasi, berbisnis dan lain-lain. 

Setiap orang yang hidup di dunia ini pasti memiliki yang namanya ponsel untuk kebutuhanya. Setiap hari ponsel telah terjual lebih dari ribuan ponsel diseluruh Indonesia saja, belum di Negara yang lainya. WOW ... !

Jika sobat akan membeli Ponsel pertama yang harus diperhatikan adalah Pilihlah sesuai kebutuhan sobat jangan sampai salah beli, jika salah beli berdampak akan merugikan diri sendiri, dipakai sebentar saja sudah rusak.

Nah dalam artikel kali ini saya akan memberikan tips dan trik cara memilih ponsel yang bagus.




Adapun yang harus diperhatikan adalah 

1. Harus tahu Dengan Fitur Ponsel yang akan Sobat Beli

Dengan kita pandai memilih fitur ponsel maka akan menguntungkan dan menghemat kocek kita. Bisa mengetahui perbedaan ponsel yang mahal dan murah dengan fitur yang bagus.

Jika sobat akan membeli ponsel baru perhatikan terlebih dahulu fiturnya, terkadang banyak ponsel yang murah fiturnya sama dengan ponsel yang harganya sangat mahal.

Jika fiturnya sama kenapa kita harus memilih yang mahal, kalau ada yang murah dan memiliki fitur yang sama ngapain harus beli yang mahal. Nah itu cara memilih ponsel yang tepat dilihat dari fiturnya.

2. Jenis Ponsel ( Perangkat )

Ketika sobat akan membeli ponsel, pasti ada beberapa benak di hati sobat. Ponsel apakah yang akan saya beli ? Android, iOS, Blackberry atau sebagainya.

Semua itu sama saja tergantung pemakain kita dan cara menggunakanya sehari-hari. Hanya saja disitu fiturnya berbeda-beda ada yang space memorinya kecil, RAM nya besar. Disitu sobat harus memilih sesuai kebutuhan.

Ponsel apakah yang akan sobat pilih ?

Sobat memilih smartphone Android ? ponsel ini menyediakan berbagai ribuan applikasi yang bisa sobat download lewat Google Play Store. Ponsel ini juga bermacam-macam fiturnya dari segi merek dan sebagainya. 

Sobat akan membeli iOS ? Ponsel dengan perangkat iOS juga lumayan bagus buat saya pribadi, karena saya juga memakai perangkat iOS saat ini. Contoh iPhone, iPad dan sebagainya. Ponsel yang mempunyai perangkat iOS ini juga banyak menyediakan ribuan aplikasi yang tersedia dan bisa di download di App Store.

Semua perangkat ini sangat bagus dan menyediakan fitur yang berbeda-beda sobat harus pandai dalam memilihnya, yang pasti sesuai kebutuhan sobat saja. Contoh Jika sobat membutuhkan untuk bermain Game, sobat harus memilih RAM yang besar sehingga tidak memugkinkan terjadinya hank atau lelet.

Jika sobat akan meggunakan untuk menyimpan foto yang banyak, ya tentunya sobat harus memilih ponsel yang menyediakan space memori internal dan exsternal yang tinggi.

3. Cari Desain Ponsel yang Tepat

Diselain kita memilih dari segi fitur dan perangkat, sobat juga harus memilih Desain dari ponsel yang akan sobat beli. Karena sobat akan menggunakanya sehari-hari bahkan akan menghabiskan waktu bersama ponsel yang sobat pakai.

Memiliki desain ponsel yang cocok akan membuat kita selalu ingin bersama ponsel dan ingin selalu menggenggamnya setiap hari.

Maka dari itu pilihlah ponsel dengan desain  yang bagus dan nyaman digenggaman, Sehingga bisa menyenangkan kamu dalam menggunakan ponsel tersebut.

4. Kegunaan dan Fungsi Ponsel

Semua ponsel memiliki kegunaan dan fungsi masing-masing. Sobat harus pandai memilihnya sesuai kebutuhan sehari-hari sobat. 

Jika kebutuhan sobat hari-hari hanya dengan telpon dan SMS maka sobat tidak perlu membeli ponsel yang mahal-mahal. Cukup dengan membeli yang biasa saja dan terjangkau harganya. 

Jika kebutuhan sobat sehari-hari melakukan bisnis maka sobat perlu membeli ponsel yang menyediakan dengan berbagai fitur seperti Chatting yang bisa sosial media dan sebagainya.

Jika kebutuhan sehari-hari hanya dengan bermain game maka ponsel yang harus sobat beli yaitu harus memiliki ponsel mempunyai kapasitas yang tinggi seperti RAM dan prosesor yang tinggi.

Saat ini banyak ponsel yang suport dengan kebutuhan sehari-hari maka dari itu jangan sampai salah beli ponsel yang tidak sesuai kebutuhan sobat.

5. Memahami Ponsel Lebih Dalam

Yang pertama kita melihat dari layar yang besar sekira ukuran 5.5 inch atau layar yang lebih besar lagi. Layar yang besar seperti itu memudahkan kita untuk bermain game atau multitasking.

Yang kedua yaitu layar menengah sekira 5.0 inch - 5.5 inch
Ponsel yang memiliki layar seperti itu memudahkan pengguna dalam genggaman sehingga nyaman untuk di pegang dan dibawa kemana-mana.

Yang ketiga yaitu Ponsel dengan layar yang kecil sekira 4.0 inch - 4.9 inch
Ponsel yang memiliki layar kecil sebenernya sudah cukup untuk kebutuhan kita sehari-hari, untuk berbisnis, dan juga mampu untuk membuka aplikasi dan menjalankan aplikasi.

6. Melihat Ponsel dari Segi Kuwalitas Kamera

Kamera juga perlu diperhatikan dalam memilih ponsel, jika tujuan kamu untuk hobi seperti fotografer dan selfie.

Kuwalitas kamera sebuah Ponsel tergantung dari jenis ponsel yang sobat gunakan. Megapixel yang tinggi akan menghasilkan kuwalitas foto yang sangat baik contoh dengan kamera 20MP, disitu akan menghasilkan foto yang sangat bagus di bandingkan yang hanya 8MP atau 16MP.

Sekarang banyak ponsel  yang menyediakan kuwalitas foto yang tinggi seperti Samsung Galay S6, iPhone 6s, Asus Zenfone dan masih banyak lagi ponsel-ponsel yang lain.

Sepengalaman saya ponsel dengan kuwalitas foto 8MP atau 13MP bahkan 16MP, sangatlah cocok dan sudah bisa menghasilkan gambar jepretan yang bagus  dan lumayan.

Jika kamu hobi dengan berfoto selfie pilihlah kamera depan yang mempunyai kuwalitas minimal 8MP, kenapa ? karena 8MP sudah termasuk bagus untuk kamera depan.

7. Melihat dari Segi Baterainya

Baterai juga harus diperhatikan dalam memilih ponsel. Kenapa kita memilih fitur yang bagus tetapi baterainya mempunyai kapasitas yang rendah ? itu sama saja dengan bohong. 

Banyak ponsel yang menyediakan dengan fitur yang tinggi, desain bagus, RAm tinggi, space memori juga besar bahkan baterainya juga mempunyai kapasitas yang sangat besar. 

Kinerja baterai di ponsel juga akan mempengaruhi waktu bicara atau saat kita bermain game, internet dan sebagainya. 

Jika sobat akan membeli sebuah ponsel saya sarankan belilah ponsel yang minimal mempunyai kapasitas baterai 3.500 mAh. Jangan dibawahnya karena jika dibawah 3.500 mAh akan sangat sering sekali terjadi drop atau cepat habis kemudain berdampak besar rusak.

8. Melihat dari Segi Prosesor

Ponsel yang bagus yaitu ponsel yang memiliki prosesor yang tinggi seperti Qualcomm Snapdragon. Prosesor Qualcomm Snapdragon saat ini merajai CPU Smartphone, yang mana banyak muncul di ponsel jenis Android dan Windows diseluruh dunia.

Oke kita akan mengenal dengan yang namanya prosesor terlebih dahulu.

Apasih Prosesor ?

Prosesor adalah : Komponen komputer atau komponen android yang merupakan  sebagai otak yang menjalankan proses dan pengendali kerja komputer dengan bekerjasama dengan perangkat komputer atau perangkat android lainya.

Prosesor juga bisa diartikan sebagai Mhz ( Mega Heartz ) atau Ghz ( Giga Heartz ) semakin besar kecepatan suatu prosesor maka akan semakin cepat juga kinerja sebuah smartphone atau komputer.

Itulah arti dari sebuah prosesor semakin kita memilih prsesor yang tinggi maka akan semakin ringan dalam kinerja android atau ponsel yang kita gunakan. Jika sobat akan membeli ponsel yang baru jangan lupa memilih prosesor yang tinggi.

9. Melihat dari Besar kecilnya RAM

RAM juga sangat berpengaruh dalam ponsel, seperti yang saya jelaskan tadi diatas. Tapi disini saya akan mengulas lebih detail lagi tentang arti dari RAM dan kegunaan RAM.

RAM adalah Merupakan singkatan dari Random Access Memory, biasanya disebut dengan istilah kecil yaitu memory atau juga bisa disebut dengan RAM. 

Banyak pertanyaan yang sering temen-temen ungkapkan kepada saya . salah satunya yaitu 

Mas apakah RAM dan memory internal/ Eksternal itu sama ?

Saya Jawab yaitu BEDA ! Kenapa kok beda ?

Oke saya akan mengulas lebih detail juga tentang RAM dan Memory Internal atau Eksternal
Memang dalam bahasa RAM memiliki arti yang sama dengan Memory yang biasa disebut orang yaitu memory internal atau memory card.

Tetapi arti dari RAM disini adalah RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara.

Perlu di garis bawahi RAM adalah Memory untuk menyimpan data sementara. Seperti halnya menyimpan data-data dari aplikasi yang kita jalankan lewat ponsel seperti Android , komputer dan Smartphone lainya 

Sangat berbeda dengan yang namanya memory internal atau eksternal. Kalau memory internal dan memory eksternal yaitu memory yang menyimpan data digital ( seperti gambar, video dan musik ).

Jadi sangat rekomendasi sekali jika sobat ingin membeli sebuah ponsel. Pilihlah ponsel yang memiliki RAM yang tinggi, tinggi rendahnya RAM sangat berpengaruh dengan ponsel yang sobat gunakan.

Jika sobat suka dengan bermain game atau internet maka pilihlah RAM yang besar sperti RAM 2GB bahkan diatasnya. Sehingga tidak memungkinkan akan terjadinya hank dan yang mengakibatkan kerusakan.

Mungkin cukup itu saja dulu artikel yang bisa saya sampaikan mengenai hal yang harus diperhatikan saat membeli ponsel baru, kedepanya saya akan memberikan tutorial, tips dan trik yang baru buat sobat semua. Jangan lupa like dan share. 

Cukup sekian dan semoga bermanfaat.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon